Selasa, 12 Mei 2020

SAGUSABLOG

Bismillaah..

Postingan kali ini Mama Sains akan sharing sedikit mengenai salah satu kegiatan yang Mama Sains ikuti pada Bulan Ramadhan, yaitu SAGUSABLOG. Sahabat Mama Sains sudah tahu belum tentang SAGUSABLOG Kalau belum, yuk mari simak review kegiatan Mama Sains di SAGUSABLOG.


SAGUSABLOG adalah singkatan dari Satu Guru Satu Blog - merupakan salah satu kegiatan yang diprakarsai Ikatan Guru Indonesia (IGI) yang pertama kali dilaksanakan di Surabaya pada tanggal 6 s/d 10 Oktober 2016 dalam rangkaian kegiatan TOT Literasi Produktif Berbasis IT dalam kelas Mobile Blogging dengan trainer Amin Mungamar (Mr. Mung), dan Dahli Ahmad (Kang Dahli).

SAGUSABLOG (Satu Guru Satu Blog) bertujuan mengajak Guru diseluruh Indonesia untuk belajar bersama membuat media pembelajaran berbasis blog, sehingga pembelajaran bisa lebih menyenangkan dan tidak lagi terbatas dengan jarak dan waktu.

SAGUSABLOG membuka workshop online menggunakan sarana chating melalui aplikasi telegram, dibantu dengan modul dan video pembelajaran sehingga mudah dipahami peserta workshop online walaupun belajar mandiri dirumah masing-masing. Selain Workshop Online, SAGUSABLOG juga sering mengadakan kegiatan workshop live di beberapa daerah di Indonesia dengan mendatangkan pelatih-pelatih SAGUSABLOG Nasional.

Nah, Sahabat Mama Sains, Mama Sains mengikuti kegiatan ini langsung dipandu oleh Mr.Mung dengan mentor-mentor handal yang sabarnya supeeeerrr sekali. Maklum mengajar guru-guru yang udah lewat sweet seventeen butuh adaptasi tingkat tinggi untuk memahami teknologi zaman sekarang. Tapi, kami para guru tetap semangat dan mau belajar demi Masa Depan Anak Bangsa!

Seperti yang telah dijelaskan di atas, bahwa WORKSHOP SAGUSABLOG dilaksanakan secara online. Jadi, Mama Sains pertama-tama mendaftar di SIM IGI untuk mengikuti SAGUSABLOG DASAR 40 dan masuk di kelas P yang dimentori oleh Bapak I Wayan dan Ibu Triningtyas. Masya Allah panduannya super sekali sehingga kami para guru bisa membuat blog keren yang bisa kami gunakan pada pembelajaran tahun ajaran baru nanti dan insyaAllah memungkinkan untuk berguna bagi guru lainnya dan siswa-siswa.

Kegiatan dilaksanakan selama 1 minggu dengan menggunakan modul yang berjumlah 6 buah dan menuliskan hasil kegiatan setiap modul di SIM IGI, peserta menunggu feedback dari mentor dan dapat berdiskusi setiap harinya dengan mentor ataupun peserta lainnya di grup Telegram.

MATERI SAGUSABLOG DASAR, sebagai berikut:
  1. Membuat blog dengan blogger (Modul 1).
  2. Mengganti dan mendesain template bawaan blogger (Modul 2).
  3. Mendesain Header blog (Modul 3).
  4. Mengelola dan Menghias Blog (Modul 4)
  5. Membuat dan Mengelola Menu Blog (Modul 5).
  6. Membuat dan mengelola soal online di google drive (Modul 6)
Seru sekali loh Sahabat Mama Sains, kita bisa berbagi dan tumbuh bersama, seperti mottonya IGI Sharing and Growing Together. Jika para mentor sudah mengatakan Blogg yang kita buat udah OK dan tidak ada revisi lagi, maka kita akan langsung dinyatakan LULUS dan mendapatkan sertifikat 32 JP. Keren kaaannn.... Nah, bagi Sahabat Mama Sains yang belum ikutan kegiatan, tunggu kesempatan berikutnya ya... Boleh cek disini infonya di SIM IGI atau di Blogg SAGUSABLOG yang tersemat di link penting.

Baik, Sekian artikel dari Mama sains, nantikan kembali artikel kegiatan Mama Sians lainnya ya ....

Jazakumullahu Khoiron telah berkunjung di Blogg Mama Sains

Barakallahu Fiikum

Tidak ada komentar:

Posting Komentar